by

Warga Perum Grand Residence City Tuding Pengembang Mutiara Columbus Penyebab Banjir

-Daerah-6,538 views

Laporan : Patupa Pakpahan.

BEKASI,poskota.net- Sudah selayaknnya dalam memberikan Ijin Pembangunan Perumahan Pemerintah setempat memperhatikan dampak lingkungan dari segala aspek untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

Salah satu kasus musim penghujan beberapa waktu lalu mengakibatkan banjir di beberapa wilayah termasuk Perumahan Grand Residence City Desa Cijengkol Kec Setu Kab Bekasi.

Dari laporan dan pantauan poskota.net banjir kali ini lebih hebat karena mencapai 1,5 meter tidak seperti sebelumnya. Menurut keterangan warga di perumahan tersebut penyebab utama dari banjir tahun ini karena pembangunan Perumahan Mutiara Columbus yang berbatasan dengan mereka namun Wilayah Kotamadya Bekasi yaitu Mustika Jaya.

Dari laporan warga yang bahkan sudah disampaikan secara tertulis kepada Dinas PUPR Kota Bekasi agar jembatan yang ada di perumahan Mutiara Columbus dibongkar karena membatasi debit air dan bahkan membuat kali Kembang Tersumbat karena jembatan tersebut kecil yang dibangun dengan sistem gorong gorong diameter kecil, Selasa (11/02/2020) wartawan poskota.net langsung memantau lokasi jembatan memang benar sampah menumpuk yang membuat kali tersumbat.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke Pihak Pengembang Mutiara Columbus hanya diterima Sekurity dan berjanji menginformasikan ke pimpinan pengembang perumahan tersebut. Menurut sekurity dilokasi menyatakan bahwa ” Sampah disini musim.penghujan banyak dan sudah sering kita angkut dan bersihkan sahutnya.

Memang Jembatan diperumahan ini memiliki diameter minim yang mengubungkan 2 lahan perumahan tersebut. Perlu diketahui bahwa 3 RT yaitu RT.01, RT.02, RT 03 yang semuannya di lingkungan RW.16 Desa Cijengkol Kec Setu telah melayangkan Nota Protes kepada pihak pengembang melalui PUPR Kota Bekasi yang di kepalai Ir.Erwin Guwinda MT bernomor 002/E-RW/2020 yang ditandatangani oleh 3 RT dan 1 RW yaitu RW .16 yang dipimpin oleh Buchari.

Sampai saat ini kepala PUPR Kota Bekasi belum terkonfirmasi terkait hal ini, sementara itu pimpinan Pengembang Perumahan Mutiara Columbus belum memberikan informasi kepada poskota.net terkait hal ini.

Jika memang Jembatan Kali Kembang yang ada di lokasi Perum Mutiara Columbus menjadi penyebab banjir sesuai tuduhan warga alangkah baiknya dibongkar dan mencari solusi alternatif .

Demikian juga Dinas PUPR Kota Bekasi jika sudah memberikan rekomendasi ijin perumahan ini haruslah sesuai ketentuan terutama pemenuhan amdal yang sesuai undang undang yang berlaku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed