by

KTMJ Gelar Rapat Bulanan, Kemajuan Koperasi Ada di Tangan Anggota

-Berita-108 views

Hal itu disampaikan Erista Mulyadi Ketua Koperasi Tanjung Manggopoh Jakarta (KTMJ) saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Anggota bulanan setiap Minggu kedua (RAT) 2020 di Thamrin city lantai 3 Food Court, Jakarta.

Erista Mulyadi  mengatakan bahwa koperasi bisa berkembang dan maju dengan cara dibangun lewat kebersamaan oleh pengurus, pengawas dan anggota.

“Jadi kalau koperasi ingin maju, tiga komponen ini harus diterapkan. Jadi jangan pengurus saja yang bekerja keras untuk membangun koperasi, tanpa didukung oleh anggotanya,” kata Erista Mulyadi.

Berdasarkan informasi yang ia dapat bahwa partipasi anggota KTMJ pun perlu ditingkatkan. Karena hingga saat ini hanya berjumlah 75 anggota yang aktif.

“Ini menunjukkan bahwa adanya partipasi anggota,” ucap dia.

Kemudian dalam hal kewajiban anggota, sambung Erista Mulyadi, kewajiban anggota diantaranya menyimpan simpanan wajib, dan membayar kewajiban utang.

“Nah ini sekarang ke sini-sini agak menurun. Apakah ini adanya dampak pandemi covid-19 untuk tahun 2020?,” katanya.

Menurut dia, jika memang hal itu menjadi salah satu kendala, maka pengurus perlu juga mengadakan pembinaan. Pembinaan ini terutama untuk anggota yang kurang aktif, apalagi yang tidak aktif.

“Kita datangi ke tempatnya kenapa kurang aktif atau tidak aktif. Ada kendala apa? Misalnya kendala uang, managemen, pelatihan, atau mereka sulit menyusun RAT. Mengadakan RAT ini kan perlu biaya, ngomonglah ke sini kan ini pusat. Yang aktif kita dorong untuk terus berpartipasi untuk membangun KTMJ,” terangnya.

“Sehingga dengan adanya kegiatan ini bisa membantu usaha anggota dalam penambahan modal usaha dengan cara simpan pinjam,” tambahnya.

Sementara wakil ketua KTMJ Syahrial Bujang mengatakan, tujuan diadakan rapat ini untuk meningkatkan peran aktif anggota dalam mengoptimalisasikan usaha koperasi untuk kesejahteraan anggota.

Selain itu, pertanggungjawaban kinerja pengurus pada anggota (pemilik koperasi) dan menetapkan program APBK untuk tahun selanjutnya.

“Melalui rapat ini kami harapkan para anggota lebih aktif lagi dalam mengoptimalisasikan usaha koperasi, karena itu untuk kesejahteraan anggota,” ujar Syahrial Bujang.

Hal serupa disampaikan Jubir KTMJ Mawardi tanjung. Ia berharap koperasi harus tetap berjalan dengan cara pengurus lebih mengutamakan kesejahteraan anggotanya.

“Alhamdulilah sudah tapi kemauan orang kan macem-macem ukuran standar kesejahteraannya,” kata Mawardi Tanjung.

Mawardi Tanjung menambahkan sangat bagus sekali karena selain untuk silaturahmi moment ini juga saling meningkatkan ke akraban antar anggota.

Sedangkan Bendahara Ramli Tanjung mengatakan pihaknya disini selalu memperhatikan keluhan dan aspirasi dari para anggota dalam hal bidang perekonomian.

Sementata penasehat KTMJ Ciak Nawin mengatakan KTMJ ini berdiri sudah berdiri selama 7 tahun sampai sekarang kami masih eksis baik dari sosial maupun ekonomi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed