Bupati Taput,Terus Berjuang Pendirian UNTARA,”Berkat Dukungan DPRD Sumut dan Gubsu Diharapkan Cepat Terwujud

Daerah614 views

Laporan: Amir Hutabarat

TARUTUNG,poskota.net-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si bersama Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan didampingi Sekda Indra Sahat Simaremare menyambut kunjungan kerja Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin H. Anwar Sani Tarigan sebagai Ketua Komisi, bertempat di Sopo Rakyat kanopi Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung (Kamis, 24/09/2020).

“Bupati Taput, Drs Nikson Nababan M.Si menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan kerja Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara, ini merupakan suatu momentum yang tepat bagi kami untuk menyampaikan usulan pembangunan di Tapanuli Utara terutama sektor infrastruktur jalan seperti jalan penghubung Tarutung menuju Sipahutar, Siborong-borong-Sipahutar, Pangaribuan menuju Tapsel dan beberapa ruas jalan provinsi lainnya.

Dikatakan, untuk pembukaan jalan sebagai interkoneksi antar Kabupaten sangat penting, salah satu dampaknya adalah kabupaten-kabupaten yang ada di kawasan Tapanuli ini akan turut berperan dalam geliat Kawasan Industri Sei Mangke karena jarak tempuhnya singkat. Interkoneksi ini juga akan turut mendukung pariwisata Sumatera Utara, wisatawan dari Danau Toba akan mudah menuju Nias sehingga menambah waktu berkunjung di Sumatera Utara.

“Saya yakin dengan kekayaan sumber alam yang kita miliki Sumatera Utara mampu semakin maju,” ucap Bupati mengawali sambutannya.

Lanjut pada kesempatan tersebut,selain menjelaskan usulan pembangunan infrasruktur jalan dan beberapa sektor lainnya, Bupati berharap dukungan DPRD dalam penetapan kebijakan Pembagian Bagi Hasil yang bersumber dari PT. Inalum serta menyampaikan perlunya optimalisasi keterlibatan Pemerintah Daerah terhadap pengembangan potensi Sarulla Operation Ltd (SOL).

“Potensi yang dimiliki oleh SOL perlu semakin dikembangkan dan lebih maksimal lagi dengan melibatkan Pemerintah Daerah sehingga lebih mampu mendukung terhadap pembangunan daerah terutama melalui program CSR,” tambah Bupati.

Untuk Mewujudkan berdirinya UNTARA” Saat ini, kita juga masih terus memperjuangkan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, ini sudah selayaknya berdiri untuk mengejar ketertinggalan kita dibandingkan daerah lain.

Juga diperkirakan peningkatan ekonomi di kawasan Tapanuli Raya diyakini akan dapat dibangkitkan, salah satunya melalui pendirian Universitas Negeri dengan melibatkan seluruh Kabupaten kawasan Tapanuli, selain dapat meningkatkan kualitas SDM,diharapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat termasuk kita tidak lagi ‘mengeksport uang’ keluar Tapanuli.

Hal inilah salah satu kendala yang dihadapi saat ini adalah dibutuhkan transformasi institut negeri yang sudah ada. Para Pemerintah Daerah di Tapanuli dan berbagai pihak telah menyatakan dukungannya untuk pendirian Universitas Negeri ini. Dengan dukungan DPRD Sumatera Utara dan Bapak Gubernur.

“Saya yakin pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya akan semakin cepat terwujud,” tegas Bupati diakhir sambutannya dan dilanjutkan dengan menyerahkan proposal usulan berbagai sektor kepada Ketua Komisi D DPRD-SU H. Anwar Sani Tarigan.

Disampaikan dalam sambutan Anwar Sani Tarigan menyatakan sangat mendukung dan akan turut memperjuangkan atas usulan dan program pembangunan oleh Bupati Tapanuli Utara.

Juga harapan saya, kita dari Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara mari bersama-sama dan bekerjasama agar apa yang didambakan Bapak Bupati Tapanuli Utara ini dapat terlaksana pada tahun 2021.

“Kami dari Komisi D melihat perjuangan dan kinerja Bapak Bupati, kami terharu melihat kegigihan Bapak Bupati yang terus mendobrak hingga ke Pemerintah Pusat agar anggaran dapat dibawa ke Tapanuli Utara, semoga cita-cita kita ini dapat tercapai,” ungkap Ketua Komisi D tersebut.

Pada saat dalam sesi diskusi, salah satu anggota Komisi D DPRD-SU Edi Ritonga juga menyatakan siap mendukung cita-cita mulia Bupati dalam memajukan Tapanuli Utara termasuk Tapanuli Raya secara global. Dirinya melihat konsep pemikiran Bapak Bupati yang sangat luas sangat pantas untuk kita perjuangkan, ini sangat super sekali.

Konsep pemikiran untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat juga termasuk untuk mencerdaskan masyarakat. Kalau mau memajukan kawasan Danau Toba, mari saling mendukung.

“Saya juga melihat dengan kemampuan Bapak Bupati dengan konsep pembangunan yang sangat luas, saya yakin cita-cita yang mulia ini dapat terwujud,” ucap Ritonga.

Kemudian dalam sesi itu juga, Tangkas Manimpan Lumbantobing sebagai Anggota DPRD-SU asal Tapanuli Utara berharap kunker ini mampu memberikan hasil positif.

“Saya berharap kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan DPRD Sumut akan mampu memajukan kesejahteraan masyarakat. Saya yakin rekan-rekan sekalian dari Komisi D akan turut membantu Bapak Bupati memperjuangkan program pembangunan Tapanuli Utara ini,” terang Manimpan lumbantobing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed