by

Beras Bantuan KPM PKH Banyuwwngi Kuning Berbau Apek

-Daerah-122 views

Laporan: Ahmad Sahroni

BANYUWANGI,poskota.net – Beras Bulog bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk KPM PKH (Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan) di Banyuwangi berwarna kuning dan bau apek.

Seperti yang disampaikan warga salah satu KPM PKH yang enggan disebutkan namanya DW, di wilayah Kecamatan Genteng. Beras dari Bulog, sebanyak 30 kilogram yang dia terima berwana kekuningan. Juga terlihat bulir-bulir yang warnanya kuning pekat. Baunya pun apek.

“Sudah saya masak, nasinya mekar, njebeber. Kayak saat makan soto, saat dibiarkan lama kan mbedodok, nasinya gak bisa putih,” kata DW, KPM PKH asal Kecamatan Genteng, Sabtu (26/9/2020).

Pengakuan yang sama juga disampaikan H. Warga miskin KPM PKH di wilayah Kecamatan Pesanggaran ini juga mengeluhkan beras bantuan yang dia terima. Namun apa daya, dia bersama keluarga hanya bisa pasrah menerima.

“Kita orang kecil, mau mengeluh ya ke siapa,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Pimpinan Cabang Perum Bulog Banyuwangi, Jusri, menyebutkan bahwa beras yang disalurkan untuk bantuan KPM PKH memiliki kualitas medium. Atau masih tergolong bagus.

“Beras PSO kualitas medium,” singkatnya.

Untuk diketahui, di Banyuwangi, KPM PKH penerima bantuan beras Bulog berjumlah 66.796 orang. Penyaluran dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, untuk bulan Juli dan Agustus, disalurkan bulan September 2020, sebanyak 30 kilogram. Sedang bantuan tahap kedua atau periode bulan September, akan disalurkan pada Oktober mendatang sebanyak 15 kilogram beras.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed