by

Di Hari Tahun Baru Kades Karangharjo Salurkan Progam “Kanggo Riko” Ke 42 Warga Miskin

-Daerah-406 views

Laporan: I.G Purwadie

BANYUWANGI,poskota.net – Suasana gembira mewarnai di Hari Tahun Baru ini, puluhan warga Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore mengucapkan puji syukur. Raut wajah senang para warga Rumah Tangga Miskin (RTM) itu lantaran menerima bantuan secara bervariasi untuk modal pengembangan usaha dari progam “KANGGO RIKO” Pemerintah Desa (pemdes) setempat. Rabu,(01/01/2019).

Seperti ungkapan Suriah (52) warga Dusun Pesantren RT 03 RW 6 dirinya mengatakan sangat senang mendapat bantuan berupa 100 anak ayam jenis Joper beserta 2 sak pakan 2 kwintal sentrat dan beberapa vitamin. Baru kali ini dia mengaku mendapatkan bantuan modal usaha, dan dari bantuan itu dia berharap terus bisa mengembangkan usaha ayamnya ke yang lebih besar lagi.

“Hanya di era Pak Miskawi (Kades,red) saya mendapatkan bantuan seperti ini, sebelumnya saya tidak pernah. Mudah mudahan beliau menjadi Kepala Desa terus selanjutnya.”Ujarnya.

Sementara bantuan “Kanggo Riko ” itu, menurut Miskawi Kepala Desa (Kades) Karangharjo di salurkan ke warga rumah tangga miskin, Pemerintah Desa berharap bisa membangun ekonomi kerakyatan. Secara garis besar bantuan hibah yang di gelontorkan dari Dana Desa (DD) itu untuk menekan angka kemiskinan di desanya.

“Terget kita angka kemiskinan bisa turun 1 % pertahun, dan dengan bekerja sama dari semua elemen masyarakat tahun 2022 bisa menjadi desa swasembada.”Ujarnya.

Bantuan Kanggo Riko ke warga penerima manfaat nantinya, di yakinkan warga bisa sukses untuk mengembangkan modal usahanya. Sebab, jelas Miskawi bagi warga yang berhasil, mereka bisa membuat kelompok dan mendapatkan pinjaman lagi di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)

“Selain moment tahun baru, ini sebagai langkah awal yang baru bagi mereka. Bantuan hibah itu kita pantau terus perkembanganya, jika tidak berhasil tidak akan saya ikutkan kelompok. Bagi yang berhasil mereka berhak membuat kelompok sendiri dan Pemerintah Desa akan fasilitasi dengan beri pinjaman dari Bumdes.”Jelasnya.

Sekedar di ketahui sejumlah 42 warga tepat sasaran mendapatkan bantuan modal usaha dari Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2019 sebesar Rp.105 juta. Antara lain bantuan untuk peningkatan UMKM berupa perabot rumah tangga sejumlah 6 orang.

Lalu 23 orang masing masing menerima 2 ekor kambing, 9 orang mendapatkan bibit anak ayam jenis Joper 100 ekor plus 1 kwitntal sak pakan sentrat beserta beberapa vitamin. Kemudian 3 orang mendapat bahan sembako dan 1 orang 1 mesin jahit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed