Adinkes Sumut Gelar Pertemuan Forum Kemitraan Penanggulangan ATM, Edwin ” Mari Bersama Memerangi”

Berita, Daerah484 views

Aids, Tuberkolose, dan Malaria yang disingkat ATM masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia. Indonesia merupakan penyumbang kasus TB tertinggi ke 2 setelah India. Jumlah kasus HIV-AIDS juga bertambah dan diharapkan agar tetap rutin minum obat HIV/ARV.

Laporan : Robin Silaban

Siantar, Poskota net – Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES) Sumatera Utara menggelar pertemuan forum kemitraan penanggulangan Aids, Tuberkolose, dan Malaria (ATM) di Simalungun Room Sapadia Hotel Jalan Diponogoro Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan, Pematang Siantar, Sumut, Selasa (23/5/2023).

Kegiatan ini memiliki tujuan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di luar Dinas Kesehatan Simalungun serta 60 Pemerintahan Nagori di Pemkab Simalungun, yang lingkungannya berpotensi terjangkit penyakit Aids, Tuberkolose, Maliria (ATM) untuk tetap mensosoalisasikan pencegahan.

Kepala Bidang Kelembagaan Adinkes Sumut Teguh Supriadi dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan ini kegiatan ADINKES Sumut dengan tujuannya untuk memfasilitasi perencanaan negara berkaitan dengan ATM termasuk melibatkan anggaran di Dana Desa. Karena ADINKES diminta untuk mensosialisasikan/mendorong supaya mendapat anggaran Dana Desa untuk pencegahan Aids, Tuberkolose, dan Malaria (ATM).

Sementara itu, Kepala dinas (Kadis) Dinas Kesehatan Simalungun Edwin Tony Simanjuntak mengatakan, Aids, Tuberkolose, dan Malaria yang disingkat ATM masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia. Indonesia merupakan penyumbang kasus TB tertinggi ke 2 setelah India. Jumlah kasus HIV-AIDS juga bertambah dan diharapkan agar tetap rutin minum obat HIV/ARV.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Edwin Tony Simanjuntak mengatakan

” Mari bersama sama memerangi HIV/AIDS, TBC, dan Malaria dan penyakit lainnya”

Kami dari Dinas Kesehatan Simalungun berharap kerjasamanya kepada lintas sektor dan mitra kami LSM untuk mendobrak kasus baru agar penemuan penderita baru bertambah guna mencegah penularan dan mendapatkan penanganan segera yang sesuai standard, pungkas Edwin Tony mengakhiri.

Tanpak hadir dalam kegiatan, Kepala Baperida Simalungun Ronal Tampu diwakili kabid Baperida Damanik, Kadis PMPN Simalungun Sari muda Purba diwakili sekretaris Edwar Girsang dan para Pangulu Nagori sebagai undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed