Harapan Anak di Pelosok Puncak Belajar Calistung dengan Rutin

Daerah458 views

Laporan: Anton

PAPUA, POSKOTA.net – Anak-anak didik Satgas Rasaka Cartenz-2023 di Kabupaten Puncak, Papua Tengah sangat bersemangat mengikuti proses belajar membaca, menulis dan berhitung yang diajarkan oleh personel Satgas Binmas melalui Program Si-Ipar (Polisi Pi Ajar).

Hal tersebut termonitor langsung oleh Satgas Humas Polres Puncak saat melakukan peliputan proses belajar mengajar yang dilaksanakan personel Rasaka Cartenz wilayah Puncak yang dipimpin oleh Iptu Yonias Purwanto bersama personenya bertempat di Ruang Sat Binmas Polres Puncak, Senin (5/6/2023) siang.

Sebanyak delapan anak didik yang diajari personel Program Si-Ipar menunjukkan semangatnya yang tinggi dalam belajar. Para pengajar berharap anak-anak ini menjadi cerdas dan menjadi SDM yang berkompeten dalam pembangunan Papua di masa depan.

Saat personel Satgas Rasaka Cartenz selesai mengajar, salah satu anak didik bernama Agai Tabuni meminta kepada Personel Satgas agar dapat kembali esok hari guna memberikan ilmu kepada mereka.

“Bapa sa besok dengan teman-teman mau datang kesini lagi untuk belajar, boleh toh ?..,” tanya Agai kepada petugas.

Personel Program Si-Ipar dengan senang hati mengiyakan permintaan Agai. Hal ini merupakan bukti bahwa kegiatan Si-Ipar disambut baik oleh anak-anak.

Iptu Yonias Purwanto mengakui bahwa semangat anak-anak didiknya tersebut untuk belajar sangat besar. Diketahui bahwa mereka adalah anak-anak pilihan Satgas Ops Rasaka Cartenz-2023 wilayah Puncak yang diberikan kesempatan karena tidak mendapat layanan pendidikan sejak dini.

“Kini sudah memasuki bulan keenam kami memberikan proses belajar membaca, menulis dan berhitung kepada mereka. Program Si-Ipar diperuntukkan bagi anak-anak yang tidak atau putus sekolah,” ujarnya.

Iptu Yonias menuturkan, pihaknya merasa lebih bersemangat melihat keaktifan anak-anak tersebut mengikuti kegiatan belajar.

“Yembison, Kusman, Tutu, Agai, Yapan, Meris, Aliton dan Kembison mengikutinya kegiatan belajar yang kami berikan dengan sukacita,” tuturnya.

Iptu Yonias juga menambahkan, semoga tujuan dari program kemanusiaan Polri ini dapat terwujud maksimal. Polri pun dapat lebih dicintai dan ada di hati masyarakat.

“Ops Rasaka Cartenz-2023 Polres Puncak melalui program Si-Ipar (Polisi Pi Mengajar) dapat membantu anak-anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, ” harapnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz 2023 Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom mengatakan Program Si Ipar akan terus digencarkan guna memberikan motivasi dan semangat bagi anak-anak di wilayah tersebut untuk meraih cita-cita mereka.

“Harapannya melalui kegiatan ini dapat mendongkrak kemajuan dan potensi yang mereka miliki sehingga dapat bermanfaat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di masa depan nantinya,” tutup Kasatgas Humas.

Program Si Ipar Ops Rasaka Cartenz 2023 merupakan salah satu upaya untuk membantu pemerintah daerah setempat dalam memacu peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di bidang pendidikan. Dimana jika dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Pegunungan Bintang cukup rendah yakni sekitar 45,44 atau dibawah 60.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed