Tim Kesehatan Keladi Sagu Obati Penderita Malaria di Jayapura

Daerah527 views

Laporan: Anton

PAPUA, POSKOTA.net – Satgas Keladi Sagu Ops Rasaka Cartenz 2023 kembali memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah Abe Pantai, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (5/6/2023).

Kasi Dokkes Polresta Jayapura Kota AKP Z. Ashari Amk., S.H selaku Kasubsatgas Keladi Sagu Ops Rasaka Cartenz Wilayah Polresta Jayapura Kota bersama dua personelnya yakni Briptu Aan Krisanto, Amd. Kep dan dr. Fitria Nurul Budia secara langsung mengecek kesehatan masyarakat di lokasi tersebut secara blusukan ke rumah-rumah warga.

Satgas Keladi Sagu Ops Rasaka Cartenz 2023 Wilayah Kota Jayapura membagikan vitamin serta menanyakan masalah gangguan kesehatan yang dialami masyarakat yang ditemui mereka saat itu.

AKP Ashari memaparkan, dari hasil pemeriksaan kesehatan ditemukan seorang warga yang perlu mendapatkan perawatan lebih intensif karena menderita penyakit malaria.

“Salah satu warga yang kami temui mengeluh sering mengalami demam dan menggigil. Kami pun melakukan pemeriksaan dan beliau didiagnosa mengalami sakit malaria tertiana. Kami pub memberikannya obat untuk dikonsumsi hingga sembuh,” ucapnya.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan oleh tim kesalahan Keladi Sagu madih banyak ditemukan masyarakat Kota Jayapura menderita ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), malaria dan penyakit kulit.

AKP Ashari juga mengapresiasi antusiasme dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat setempat terhadap pelaksanaan Program Keladi Sagu Rasaka Cartenz-2023.

“Dukungan masyarakat sangat penting dalam menjalankan program ini. Kami berharap melalui program ini maka kesehatan masyarakat dapat terjaga dengan baik,” harap AKP Ashari.

Ia pun menyatakan program tersebut telah memberikan hasil yang positif dengan adanya dukungan penuh dari masyarakat serta harapan agar pola hidup bersih dan sehat selalu diterapkan oleh mereka. Hal ini sejalan dengan moto program yaitu kesehatan lambang diri sehat guna (Keladi Sagu).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Tahun 2022, Indeks Pembangunan Manusia Kota Jayapura sendiri tercatat menempati urutan tertinggi dari seluruh daerah di empat provinsi wilayah Papua.

Indeks Pembangunan Manusia Kota Jayapura Kota Jayapura dengan kategori sangat tinggi dengan angka 79. Adapun indikator dari Indeks Pembangunan Manusia Kota Jayapura berdasarkan pemenuhan layanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed