Pj Bupati Tapanuli Tengah Secara Resmi Membuka Musrenbang RKPD Tahun 2024

Berita800 views

Keterangan fhoto: Pj Bupati Tapteng, Dr.Sugeng Riyanta secara resmi.membuka Musrenbang Pemkab Tapteng.

Laporan : Ramalan S

Tapanuli Tengah, Poskota.net –  Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapteng Tahun 2025 di Hotel PIA Pandan, Kamis (29/2/2024).

Pj Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH, dalam sambutannya menyampaikan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang merupakan musyawarah dalam rangka melaksanakan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan

Daerah, yang mengamanatkan

pelaksanaan Musrenbang secara berjenjang mulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Musrenbang Nasional, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

“Sebagai bagian dari tahapan Perencanaan, bahwa Musrenbang RKPD Tahun 2025 Kabupaten Tapanuli Tengah yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan forum yang sangat strategis karena melibatkan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Tapanuli Tengah untuk menyusun dan mematangkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2025 yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, dan rencana kerja tahun 2025.Penyusunan RKPD ini berpedoman pada Peraturan Bupati Tapanuli Tengah Nomor 14 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2023-2026, RKPD Provinsi, RKP, dan Program Strategis Nasional,” kata Pj. Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH

Selanjutnya, Sugeng menyampaikan bahwa tema Rancangan RKPD Tahun 2025 adalah Percepatan Pembangunan Perekonomian Daerah yang Mandiri dan berkelanjutan serta pembangunan sumber daya manusia guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang dilaksanakan melalui 5 (lima) prioritas pembangunan yaitu:

1. Pengembangan sektor andalan

(pertanian, perikanan-kelautan, dan pariwisata);

2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia;

3. Pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana ekonomi;

4. Peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat;

5. Peningkatan reformasi birokrasi dan tata kelola Pemerintahan Daerah.

Pemerintah Kabupaten

Tapteng dengan dukungan Forkopimda dan seluruh masyarakat telah menghasilkan beberapa capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Berikut beberapa capaian makro Pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah:

1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2023 meningkat dari 70,31 menjadi 72,77.

2. Pertumbuhan Ekonomi tahun 2022 mencapal angka 4,18% meningkat pada tahun sebelumnya sebesar 2,56%.

3.Tingkat kemiskinan mencapai tren positif pada tahun 2023 dengan angka 11,50%, menurun pada tahun sebelumnya sebesar 11,71%.

4. Indeks gini ratio pada tahun 2023 sebesar 0,241 dengan kategori rendah.

5. Tingkat pengangguran terbuka mencapai tren positif pada tahun 2023 dari 7,90% menjadi 7.81%.

6. PDRB per kapita juga menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini

dapat dilihat dari PDRB per kapita pada tahun 2022 mencapai 31,05 juta rupiah per kapita sedangkan pada tahun 2021 sebesar 28,75 juta rupiah per kapita.

“Melalui forum Musrenbang RKPD ini diharapkan semua pihak kiranya

dapat memberikan masukan

yang konstruktif demi penyempurnaan rancangan RKPD Tahun 2025 Kabupaten Tapanuli Tengah yang memuat prioritas pembangunan daerah, yang dijabarkan dalam program dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berdasarkan sumber pembiayan dari APBD Kabupaten Tapanuli Tengah, APBD Provinsi, APBN, dan sumber pembiayaan lainnya,” ujarnya.

Pj. Bupati juga mengharapkan agar Musrenbang RKPD ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar menghasilkan suatu kesepakatan dan rumusan

prioritas program pembangunan yang mencerminkan kebutuhan masyarakat Kabupaten Tapteng.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tapanuli Tengah dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025 Kabupaten Tapanuli

tengah, secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa membimbing

dan meridhoi setiap upaya dan langkah kita dalam membangun Kabupaten Tapanuli Tengah yang kita cintai ini.

sekian dan terima kasih,” kata Pj. Bupati Tapteng.

Kemudian, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Sri Suriani Purnamawati, S.Si, Apt, M.Kes menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara ini terutama kepada Pj Bupati Tapteng , Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH.

Selamat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapteng Tahun 2025 dan menghasilkan pembangunan yang berkualitas untuk melahirkan kemajuan kemakmuran bagi masyarakat.

Turut hadir mewakili Danrem 023/KS, Forkopimda Tapteng, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Tapteng, Ny. Ade Sugeng Riyanta, mewakili Wali Kota Sibolga, Pimpinan dan Anggota DPRD Tapteng, Sekdakab Tapteng, Staf Ahli dan Asisten, OPD Pemprovsu selaku Narasumber, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, Instansi Vertikal yang memiliki wilayah kerja dengan Kabulaten Tapteng, para Camat se- Tapteng, jajaran Tim Penggerak (TP) PKK Tapteng, BUMN/BUMD, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Keagamaan, LSM, Organisasi Profesi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, para Akademisi di Tapteng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed