Coffee Morning Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Sarmi Tahun 2024

Berita52 views

Laporan : Anton

Sarmi, Poskota.net – Bertempat di Hotel Twelve jln. Kelapa Satu Distrik Sarmi Kabupaten Sarmi, Telah berlangsung Kegiatan Coffee Morning Kesiapan Pelaksaan Tahapan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Sarmi. (12/06/24).

Yang di hadiri oleh Pj. Bupati Sarmi Markus O Mansnembra, SH.,M., Kapolres Sarmi Akbp Timur Santoso S.I.K.,M.A.P., Dandim 1712/Sarmi Letkol Czi Bagus Murzudi Joko Hartono., Ketua KPU Sarmi Devisi Keuangan dan logistikYohanis Yoce Richard Yenggu., Komisioner KPU Devisi Sdm dan parmas Syarir., Komisioner KPU Sarmi Devisi Perencanaan Data dan Informasi Muh Saddam Rengiwur., Sekertaris KPU Sarmi Warsau W.N Iwanggi’ S.Sos., M.A.P., Danramil Kota Sarmi Kapten Ratno., Dandenpom Sarmi Letda Slamet., Kbo Sat Intelkam Polres Sarmi Ipda Francisco Monim., Pit Dukcapil Sarmi Soeprijadi., Tribun Papua MarinaNapitupulu Berserta Staff., Kasubbag KPU Sarmi dan staf.

Komisioner Kpu Sarmi Devisi SDM dan Parmas, Bpk. Syarir menjelaskan Terkait Sebagai Devisi Sosialisasi Masyarakat yang Pertama, Pada tahapan awal kami sudah melakukan perekrutan tercatat di daftar badan Adhoc pilkada dari jumlah distrik keseluruan ada 88 Kampung. Dari Kementrian Dalam Negeri sudah menurunkan data potensial pada tahun ini sebagi tempat tugas daripada PPI akan melakukan pendataan ulang atau akan membutukan data yang di turunkan oleh yang di perlukan, kita ketahui bersama bahwa D4 sesuai yang di buat Di dalam Kabupaten akan mencocokan Data pemilih, pungkasnya.

Di dalam setiap tahapan yang berjalan saya sebagai penanggung jawab revisi presentasi senantiasa berpedoman kepada aturan yang telah kami dapatkan dari KPU karena sifatnya kita bekerja secara grafis tetap kami akan selalu senantiasa melakukan sosialisasi kepada masyarakat memberikan motivasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada ini semoga ke depan berjalan sukses dan aman. Tambahnya.

Komisioner KPU Sarmi Devisi Perencanaan Data dan Informasi Bpk. Muh. Saddam Rengiwur menjelaskan “Kebetulan saya sebagai Devisi Rendatin bahwa KPU secara nasional telah menerima D4 dasar pembentukan DPT untuk melakukan sinkronisasi oleh KPU RI setelah dilakukan sinkronisasi data diturunkan ke KPU kabupaten Kota.” jelasnya

Kami menghimbau untuk melakukan pemetaan DPS dari 88 Kampung tersebut, maka dari itu KPU Sarmi belum menetapkan DPT yang ada hanya daftar pemilih potensial bahwa ini bagian bahan untuk menyusun penetapan DPT sehingga kami melakukan pemetaan dari hasil pemetaan kami mendapatkan TPS sebanyak 110 TPS data sementara. Tambahnya dalam penjelasan Bpk. Muh. Saddam.

Kapolres Sarmi AKBP Timur Santoso S.I.K.,M.A.P, menerangkan Dalam hal persiapan Pilkada 2024 Polri siap wujudkan PilKada 2024 aman dan damai dan kami sampaikan siap bersinergi dengan instansi terkait lainnya dalam mengamankan pemilihan kepala daerah pada November 2024 mendatang. Serta di internal saya meminta seluruh personil Polres Sarmi harus memiliki sikap netralitas dalam mengawal Pilkada 2024 karena Netralitas menjadi hal penting bagi jajaran kepolisian Terutama untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi. ungkapnya

Kapolres Sarmi menambahkan Dalam upaya mengamankan Pilkada mendatang jajaran kami akan menurunkan dua pertiga kekuatan dari personel Polres Sarmi, dan kami akan terus berkoordinasi dengan pihak penyelenggara yaitu KPU apakah ada Perubahan jumlah DPT ataupun TPS yang ada di Kabupaten Sarmi dan kita mempersiapkan dua pertiga personel dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada 2024 yang paling penting Kita harus bekerja sama dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 seperti kegiatan hari ini salah satu contoh hal yang akan membentuk soliditas dan sinergitas antar sesama lembaga negara dalam mensukseskan pesta demokrasi kuncinya adalah soliditas dan sinergitas, kunci keberhasilan dalam menghadapi persoalan yang ada dan yang paling utama adalah integritas dan netralitas para penyelenggara Pemilu dalam melaksanakan kegiatan Pilkada 2024 nantinya.

Polri dan TNI, pemerintah daerah dan penyelenggara Pemilu yakni KPU,Bawaslu merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam melaksanakan dan pengamanan kegiatan Pilkada serentak untuk kepentingan bangsa dan negara sesuai dengan undang undang dan aturan hukum yang telah ditetapkan. Penyelenggara Pemilu itu KPU, Bawaslu jadi baik buruknya hasilnya nanti tergantung integritas profesionalitas dan kualitas rekan rekan semua yang duduk dalam penyelenggara Pemilu. Untuk mendukung pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar, seyogyanya KPU melaksanakan tupoksi, peran dan tanggung jawabnya, sesuai undang undang dan aturan pendukung yang ditetapkan. Serta pada seluruh instansi terkait dapat memastikan semua kesiapan dan protap berjalan dengan baik.
Seperti petugas harus profesional dan kompeten, penyiapan logistik Pemilu lengkap, pendistribusian dan pengamanan tepat waktu, pelaksanaan pemungutan dan hitung suara sesuai aturan, penanganan setiap masalah dengan cepat dan tuntas, serta intensifkan Gakkumdu.
Kepada penyelenggara Pemilu atau personal KPU wajib netral sesuai aturan hukum atau peraturan yang telah ditetapkan. Cegah terjadinya kasus korupsi anggaran KPU yang dapat membuat kepercayaan publik turun terhadap kinerja KPU. Penyelenggara KPU penyelenggara Pemilu juga diharapkan dapat melaksanakan kegiatan cooling system dengan sosialisasi aturan aturan, deklarasi damai dan pelibatan masyarakat untuk terciptanya Pilkada yang sejuk dan hasilnya berkualitas.
Bangun komunikasi dan koordinasi yang lebih intens dengan tokoh parpol tokoh masyarakat, wartawan atau media yang mendukung Pilkada damai. Dan tingkatkan sinergitas dengan TNI Polri dan pemerintah daerah dalam mewujudkan Pilkada yang aman dan damai. Tambahan Kapolres dalam penjelasanya.

Kemudian dari Pj. Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra,S.H.,M.M menjelaskan “Sebagai pimpinan daerah di seluruh masyarakat Sarmi memberikan selamat dan sukses untuk para Komisioner kita yang telah di lantik kiranya dapat melaksanakan tugasnya yang amanah dan bertanggung jawab.”

Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan bahwa sebelumnya apresiasi dari mendagri terkait dukungan realisasi anggaran kita turun sampai 100 % ini hal yang tidak mudah ketika kita diberikan tugas dan tanggungjawab kita harus bergerak cepat untuk mensukseskan Pemilukada di kabupaten Sarmi berjalan sukses dan damai. tuturnya
Diwaktu yang lalu bahwa kita belum bekerja dengan maksimal sehingga terjadi keterlambatan transportasi untuk pendistribusian logistik pemilu sehingga kedepan kita harus melakukan evaluasi dan lebih intens komunikasi lagi terkait transportasi yang seyogyanya harus disiapkan sebelum pelaksanaan hari H. tambahnya dalam penjelasan Pj. Bupati

Dandim 1712/Sarmi Letkol Czi Bagus Murzudi Joko Hartono., menyampaikan bahwa Kodim Sarmi siap membackup Polres Sarmi untuk pelaksanaan Pilkada di kabupaten sarmi tahun 2024. Kami pula menyampaikan kepada pihak penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu Sarmi agar bekerja dengan baik, Netralitas kita disini tidak memihak dengan kandidat pasangan calon nantinya.

Tentunya pula kedepan Pilkada ini tidak terjadi seperti sebelumnya di Pemilu Presiden dan Legislatif dan suksesnya Pilkada ini yaitu komunikasi kita bersama-sama yang baik. kami berharap kabupaten Sarmi ini dapat pemimpin orang-orang yang mempunyai kemampuan bisa membangun. Kedepan kegiatan Coffee Morning ini bisa mengundang para Parpol untuk kami bisa berdiskusi terkait pelaksanaan Pemilukada nantinya, Ujar Letkol Czi Bagus.

Penyampaian dari Ketua KPU Sarmi Devisi Keuangan dan Logistik Bpk. Yohanis Yoce Richard Yenggu, Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada bapak Pj. Bupati Sarmi, bapak Kapolres Sarmi, Bapak Dandim Sarmi dan semua para tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan Coffee Morning ini. Kegiatan Coffee Morning kesiapan pelaksanaan tahapan pemilu Bupati dan Wakil Bupati Sarmi tahun 2024 selesai berjalan dalam keadaan aman dan tertib, ujarnya

Tidak lupa juga Pj Butapati sarmi juga menyampaikan ucapan terimaksih buat Tni Polri Instansi-Instansi terkait yang sudah mendukung kegiatan ini sampe berjalan dengan lancara, Semoga pemilihan Bupati dan Wakil Bupati bisa berjalan dengan lancer, Ucapnya Tutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed