Awas Wartawan Gadungan, Kalau Ada Terlihat Lapor PWI

Kriminal889 views

Laporan : Julham Harahap

REMBANG,poskota.net- Tugas dan Profesi Wartawan yang sangat mulia sering di kotori oleh beberapa orang oknun Wartawan yang menggunakan Katu Pers Media abal-abal dengan mengatas namakan Wartawan, namun kenyataannya hanya sebagai Wartawan gadungan dari media abal-abal banyak bermunculan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rembang, Musyafa’ Musa mengatakan, masyarakat yang menemukan oknum Wartawan ada yang meminta imbalan dan cenderung memeras.

“Harap lapor ke PWI dan kita bersama-sama membawa barang bukti foto dan video yang mengaku oknum Wartawan,” kata Musyafa.

“Saya berpesan jangan takut apabila didatangi oknum Wartawan yang mengaku – ngaku sebagai Wartawan kemudian meminta-minta uang, yang di luar ranah tugas Jurnalistik dan tangkap serta rekam vidionya laporkan,” ungkap Musa.

Ketua PWI Rembang, Musyafa’ Musa menjelaskan, saat ini PWI telah membentuk Tim khusus untuk memantau aktipitas Wartawan di Rembang, jika ada aduan atau pelanggaran Profesi Wartawan dari Masyarakat, maka PWI akan langsung bertindak dan menangkapnya,” jelas Musa.

“Masyarakat bisa melaporkan langsung jika ada oknum Wartawan yang melakukan tidakan yang di luar dari pada tugas Jurnalistik dan suka menakut-nakuti Pejabat serta memeras dan menggunakan ID Card Mati, jika terbukti ada silahkan laporkan ke Kantor Polisi atau ke PWI atas perbuatan Wartawan tersebut sudah diluar Profesi.

Musyafa’ Musa menegaskan,
jika ada oknum yang mengaku Wartawan, biasanya masuknya banyak yang ke desa – desa dengan modus mencari kesalahan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan kemudian oknum Wartawan meminta sejumlah uang dengan barter agar tidak di beritakan jika permintaan oknum Wartawan dikabulkan, bahwa ada beberapa desa yang pernah melaporkan kepada PWI, mereka mengadu didatangi oknum Wartawan Gadingan dan kemudian meminta iklan, bahkan juga jualan barang tertentu dengan nominal yang cukup besar,” tegas Musa

“Masyarakat dan Pemerintah Desa diminta tenang jika berhadapan dengan okum Wartawan gadungan terima saja jika tujuannya hanya sekedar peliputan berita dengan baik, tetapi jika sudah meminta hal yang diluar ranah ke Wartawanan, jangan takut laporkan kepolisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed