Akibat Hujan Yang Cukup Deras Jalan Akses ke Darmacaang Ciamis Tertutup Longsor

 

Lapiran Lili Romli

Ciamis,Poskota,Net-Hujan deras yang terjadi sejak kemarin malam di wilayah Darmacaang Ciamis menyebabkan bencana alam di daerah Darmacaang. Jalan akses menuju Darmacaang dilaporkan tertutup akibat longsor yang terjadi setelah hujan deras melanda wilayah tersebut pada Kamis 25 /4/2024

Longsor terjadi di Dusun Subang, jalur utama yang menghubungkan Darmacaang dari dan ke Cikoneng. Material longsoran, termasuk tanah, pohon, dan batu, menutupi jalan sehingga menghambat akses warga dan kendaraan menuju dan dari Darmacaang. Satu unit rumah warga tertimbun material longsor.

Yaya, Kepala Dusun Subang, menyatakan longsor terjadi sekitar pukul 05.00 WIB dan mengakibatkan satu unit rumah warga tertimbun material longsor.
“Terjadi sekitar pukul lima tadi dan kerugian berupa tertutupnya akses jalan utama Desa Darmacaang dan satu unit rumah warga tertimpa longsor,” ujarnya di lokasi kejadian.

Kadus Subang mengimbau warga untuk tetap waspada dan menghindari area yang rawan longsor. Ia juga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ciamis untuk upaya penanggulangan dan evakuasi pascabencana dan pemulihan akses jalan utama Desa Darmacaang.

“Upaya pemulihan jalan akses ke Darmacaang menjadi prioritas utama kami,” ujarnya.
Ia memastikan bahwa semua sumber daya yang diperlukan akan digunakan untuk membersihkan material longsoran dan memulihkan akses jalan secepat mungkin.

Cuaca ekstrem seperti hujan deras yang dapat menyebabkan longsor merupakan hal yang tidak bisa diprediksi sepenuhnya. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk terus meningkatkan upaya mitigasi bencana, termasuk dalam hal pemantauan dan perawatan infrastruktur untuk mengurangi risiko kejadian serupa di masa depan.

Pihak berwenang akan terus memantau perkembangan situasi di Darmacaang dan berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan akses jalan yang tertutup longsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed